Selasa, 16 Februari 2016

Pengertian Program Statistik dan Contohnya

PROGRAM STATISTIK


Data statistik yang akan diolah sering berjumlah banyak dan membutuhkan perhitungan dengan menggunakan rumus-rumus rumit. Pengolahan data secara statistik membutuhkan ketelitian dan kesabaran cukup tinggi. Melakukan pengolahan data statistik secara manual bila jumlah data banyak,berpeluang besar akan terjadi kesalahan dalam perhitungan. Pengolah data sangat tidak menginginkannya karena dengan perhitungan data yang tidak tepat dan akurat, akan diperoleh kesimpulan yang tidak tepat dan dapat menyesatkan hasil penelitian (Iriawan,2006).

Komputer merupakan salah satu alat bantu untuk melakukan perhitungan .Karena dapat digunakan sebagai alat hitung, komputer diharapkan dapat mempercepat melakukan analisis data statistik yang jumlah datanya banyak dan rumus-rumusnya rumit. Tingkat akurasi perhitungan menggunakan komputer lebih tinggi daripada secara manual atau menggunakan alat bantu kalkulator (Iriawan,2006).

Sekarang ini sudah banyak program statistika pada komputer yang dapat memudahkan dalam pengolahan data, antara lain Minitab, SPSS, SAS, Eviews, R, STATA, dan lain-lain. Setiap program memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

1. Minitab
Minitab adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pengolahan statistik. Minitab mengkombinasikan kemudahan penggunaan layaknya Microsoft Excel dengan kemampuannya melakukan analisis statistik yang kompleks. Penggunaan Minitab dapat dikatakan cukup mudah dengan berbagai macam fitur pengolahan data yang cukup banyak.

2. SAS
SAS. Statistical Analysis System atau popular disebut SAS adalah suatu sistem terpadu dari produk perangkat lunak yang disediakan oleh SAS Institute Inc.
SAS memungkinkan programmer untuk melakukan entri data, analisis statistik, peramalan untuk mendukung keputusan riset operasi, peningkatan kualitas pengembangan aplikasi data dan lain sebagainya.
Selain itu, SAS telah banyak memberikan solusi terhadap berbagai bisnis seperti  Manajemen TI, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, intelijen bisnis, dan lain sebagainya.

3. SPSS
SPSS (Statistical Package for Sosial Science) merupakan sebuah program aplikasi yang memiliki analisis data statistik yang cukup tinggi. SPSS memiliki operasi manajemen data dengan metode pengoprasian yang cukup sederhana. SPSS ini digunakan untuk menganalisis data-data sosial kemasyarakatan yang dapat menyangkut sikap, pengetahuan, daya beli, kemampuan individu, kemampuan bayar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan aspek kesosialan.
Program SPSS yang pertama kali dibuat dengan nama SPSS/PC+ yang masih berbasis teks dan masih memiliki kekurangan dalam pengoperasiannya karena masih menggunakan kode eksternal dan membutuhkan bantuan software lain yang berupa editor. Program SPSS yang saat ini diluncurkan mengikuti perkembangan program komputer dalam bentuk aplikasi windows dimana aplikasi ini memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan aplikasi sistem DOS, WS, dan Lotus karena kemudahan dan kecepatan dalam penggunaan dan pengoprasiannya.

4. R

R merupakan program Statistika dapat di download secara bebas di CRAN-archive (The Comprehensive R Archive Network) melalui  http://CRAN.R-project.org. Server utama CRAN berlokasi di Universitas Teknologi Vienna, Austria dan di mirror world-wide lebih kurang 90 reporsitory di seluruh dunia termasuk Indonesia.
R dapat dioperasikan di bawah sistem operasi Windows, Linux dan Macintosh. R juga menyediakan fasilitas dimana user dapat melakukan analisa statistik, membangun prosedur-prosedur baru dan membuat paket agar bisa digunakan oleh semua orang. Versi paling awal R-1.0.0 dibuat tahun 1992 di Universitas Auckland, New Zeland oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman.
Saat ini source code kernel R dikembangkan oleh R Core Team, yang beranggotakan 22 orang statistisi dari berbagai penjuru dunia dan oleh dukungan dari masyarakat statistisi dunia yang memberikan kontribusi berupa kode, melaporkan bugs dan membuat dokumentasi untuk R. Versi R yang terbaru (16 Mei 2013) untuk Windows adalah R 3.0.1.

5.  Stata
Stata merupakan salah satu perangkat lunak komputer untuk mengolah dan menganalisis data. Namun penggunanya tidak sebanyak spss, hal ini sebabkan oleh karena dulu perintah stata harus diketik. Mengetik perintah pada stata merupakan hal yang sangat sulit bagi pemula, apalagi perintah tersebut hanya bisa dijalankan satu per satu. Meskipun saat ini stata telah dilengkapi dengan menu seperti pada spss yang perintahnya hanyadengan mengklik menunya saja, namun masih banyak juga masyarakat yang belum familiar dengan aplikasi ini. Terlebih stata  memiliki tampilan outputnya yang tidak berbentuk tabel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar