Senin, 21 Maret 2016

tata letak komponen pada komputer



Tata letak komponen komputer
·         Konfigurasi motherboard
Konfigurasi motherboard dikenal juga sebagai pengatur sistem hadware . konfigurasi ini membuthkan hal – hal berikut :
1.       Memasang CPU
2.       Memasang heat sink dan kipas
3.       Memasang RAM
4.       Menghubungkan kabel power supply pada konektor listrik motherboard dan sambungkan berbagai konektor jaringan pada switch ( pengaturan ) yang tepat serta lampu setatus pada panel depan case
5.       Mengesed bios sistem

  • ·         Mengkonfigurasi konektor

Mengetahui peta lokasi konfigurasi motherboard tepat untuk konfigurasi ( penyusunya/pengaturan ) case dan lampu motherboard pada bagian penel case yang di sebut bezzel /faceplate( lempengan muka ) untuk mengaktifkan disket selalu ingat pada garis wwarna pada kebel data adalah pin 1 . konektor dan moderen sebagian besar dikunci dengan sebuah pin hilang sehingga tak munkin melaukan kesalahan dalam pemasangan . kebanyakan kabel berwarna adalah positif sementara warna putih/hitam sebagai ground negatif . konektor 1/0 umumnya menikuti konversi setandar industri.

  • ·         Mengkonfigurasi BIOS

Chip ROM dan komplement tary metal ex ide semi conduktor ( cmos ) dieja  see – mos 5”) berisi sofwere yang mengatur merekam konfigurasi BIOS . master untuk keseluruhan komponen dalam juga yang berasda pada motherboard dan seperangkat chip logis – bios memiliki interface khusus yang dapat dapat diakses setelah di uji diagnola fost cd – rom , dan setting floppy , interface bios dapat di jalan kan dengan keyboard atau nerupa gambar di gerakan dengan mouse , ketika drive di lepas memori di upgred , atau papan deufter di tambah kan kemudian di siman alam chip cmos.

  • ·         Jumper

Jumper pada sebuah komputer sebenar nya adalah connektor ( penghubung ) sirkuit elekrtik yagdi gunakan untuk menghubungkan atau memutuskan hubungan pada saepa sirkuit . jumper juga digunakan untuk  seting pada papan elektrik seperti motherboard komputer .
Fungsi jumper ini dalam komputer di gunakan untuk menyeging perlenggkapan komputer sesuai dengan keperluan pada saat ini penyetingan lewat jumper sudah mulai berkurang pada penggunaanya , sebab semua stting saat ini menggunakan auto setting sehingga memudah kan pengguana untuk merakit komputer untuk tidak menggunakan jumper .
Jumper  pada omputer biasanya digunakan pada motherboard , harddisk dan optical disk , dan pada beberapa VGA crad tertentu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar